Ingin AC lebih hemat listrik, ramah, dan pintar? AC Daikin Inverter solusinya

Posted by itexodos 23/02/2016 0 Comment(s) Air Conditioning,

AC inverter terbukti memilikin kelebihan dibandingkan dengan AC konvensional.

“Inverter terdapat di dalam unit AC merupakan komponen untuk mengatur kecepatan motor-motor listrik. Disini inverter terdiri dari rectivier dan pulse-width modulator, dengan menggunakan inverter, motor listrik menjadi variable speed, kecepatanya bias diubah ubah atau di setting dengan kebutuhan”

Teknologi AC inverter adalah teknologi yang terintegrasi di dalam unit outdoor yang ada di AC dimana dengan menggunakan teknologi inverter, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan:

  • Waktu yang lebih cepat untuk mencapai suhu ruangan yang kita inginkan
  • “tarikan” pertama pada listrik 1/3 lebih rendah dibandingkan dengan AC yang tidak menggunakan teknologi inverter
  • Lebih hemat energy dan uang karena teknologi ini menggunakan sumber daya yang 30% lebih kecil dibandingkan AC biasa
  • Dapat menghindari beban yang berlebihan pada saat AC dijalankan
  • Fluktuasi temperature hamper tidak terjadi

Berikut analoginya


Bila anda menggunakan AC yang tidak mempunyai teknologi inverter, pada saat anda menyalakan dan mengatur suhu ruangan 25 derajat maka AC akan bekerja dan kemudian akan bekerja lagi bila suhu ruangan mulai meningkat dan begitu seterusnya. Dalam hal ini otomatis, daya listrik yang digunakan sangat berfluktuasi sehingga dapat dikatakan suatu hal pemborosan.

Sedangkan pada AC dengan teknologi inverter, suhu ruangan yang telah diatur dapat dijaga suhunya sehingga kerja unit outdoor tidak berat dan pada akhirnya dengan fluktuasi suhu yang kecil (hamper dikatakan 0), otomatis akan menghemat listrik.

 

AC inverter memiliki beberapa kelebihan, diantaranya AC hemat listrik, ramah, dan pintar.


  1. Hemat Listrik

AC Inverter mampu menghemat pemakain listrik hingga 50% dibandingkan dengan AC Non Inverter. Cara kerja dari inverter tersebut adalah menghilangkan siklus start-stop seperti pada AC konvensional. Pada AC konvensional, motor kompresor segera berhenti bila AC telah mencapai suhu dingin, dan segera ‘bekerja’, lagi bila suhu menjadi panas. Untuk memutar motor kompresor, setiap kali berputar diperlukan daya 900 Watt (untuk kapasitas 1 PK) dan berulang setiap kali kompresor mati. Sedangkan AC Inverter tetap menjalankan motor kompresor tetapi dengan mengubah arus AC (arus bolak-balik) menjadi arus DC (searah) dan menyesuaikan putaran sesuai frekuensi dengan bantuan mikrokontroler. Untuk start awal hanya butuh daya 750 watt, dan untuk menjaga suhu optimal hanya butuh daya 300 watt saja. Dengan memotong siklus start-stop inilah penghematan listrik dapat tercapai

  1. Ramah Lingkungan

AC Inverter dirancang untuk ramah terhadap lingkungan seperti kebisingan. Disini AC Inverter dirancang untuk menekan tingkat kebisingan akibat motor kompresor yang terus berputar. AC inverter telah dirancang untuk berputar pada putaran yang lebih ringan, karena harus dapat berputar dengan arus DC. Karena berputar lebih ringan, maka suara yang dihasilkan juga lebih halus. Berbeda dengan AC konvensional yang mengandalkan arus AC, sehingga setiap kali memulai siklus start-stop, motor kompresor akan ‘berteriak’ untuk memulai bekerja dengan beban yang lebih berat.

  1. Pintar
    • Fitur Sensor

AC Inverter dengan fitur sensor mampu mendeteksi keadaan suhu lingkungan dengan cepat, pencapaian suhu pendinginan yang lebih cepat (1.5 kali lebih cepat dari AC Non Inverter), dan mampu menjaga suhu dingin tanpa mematikan kompresor. Bila waktu lebih cepat, otomatis listrik yang digunakan juga lebih hemat. AC inverter dapat mencapai suhu dingin dengan waktu lebih cepat karena suhu dingin ‘dijaga’. Tidak seperti AC konvensional yang langsung mematikan kompresor begitu suhu dingin tercapai, AC inverter masih tetap berputar (dengan memakai arus DC, bukan arus AC) dan menjaga suhu pada kisaran yang diinginkan.

  • Fitur Filter Udara

Dengan fitur Filter Udara, sensor akan ‘mencari’ partikel berbahaya seperti debu, jamur, bakteri, alergen atau jasad renik yang berada di udara. Kemudian melepas ion negatif yang akan menangkap, lalu melumpuhkan partikel berbahaya tadi, dan menyerapnya melalui filter yang telah diberi muatan positif sehingga menjaga udara tetap bersih dan segar.

 

Tertarik menggunkan AC Daikin ?

kami salah satu dealer resmi Daikin Indonesia menawarkan AC Daikin original, bergaransi, dan diskon semua unit.

dealer sertifikat kami

kunjungi

AC Daikin Rumah dan AC Daikin Gedung

www.exodos.co.id

Loading...
Loading...